Nov 23, 2017

Film: Selma



Nopjr - Film ini dibintangi oleh: David Oyelowo, Carmen Ejogo, Oprah Winfrey, Tom Wilkinson, André Holland, Nigel Thatch

Film Selma ini adalah sebuah film berdasarkan peristiwa faktual yang terjadi di sebuah kota bernama Selma negara bagian Alabama, Persatuan Amerika pada tahun 1965 silam. Tahun yang sama di Indonesia juga telah terjadi peristiwa yang terkenal (1965-1966-pemusnahan anggota Partai Komunis Indonesia dan simpatisan komunis lainnya). Juga, Tonggak sejarah Papua yang pertama pencetusan berdirinya OPM di Manokwari, 1965. Sebelum Martin Luther King menerima hadiah Nobel perdamaiannya pada tahun 1964 dan dia tercacat dalam sejarah bahwa penerima hadia Nobel Prize berkaliber ini dalam usia yang sangat muda, Martin Luther King (David Oyelowo) memulai gerakan hak-hak sipil dengan presiden AS yang ke-36, Lyndon B Johnson (Tom Wilkinson) dan meminta undang-undang liberal untuk mengizinkan warga kulit hitam mendaftarkan pemungutan suara mereka. Selama film tersebut, istri Martin Luther King (Carmen Ejogo) bertemu dengan aktivis kulit hitam Malcolm X (Nigel Thatch). Pertemuan tersebut tidak disambut dengan baik dengan Martin Luther King, meskipun dia melihat mereka memiliki tujuan yang sama untuk melawan ketidakadilan, dia tidak setuju dengan cara Malcolm X menjalankan bisnisnya.

Puncaknya adalah saat pawai berlangsung dari Selma ke Montgomery. Peristiwa penting ini tertangkap kamera dan rekaman sebenarnya dari demonstrasi nyata ditampilkan di layar.
Saya secara pribadi benar-benar menikmati film ini karena memberi saya wawasan besar tentang masalah dan pengorbanan yang harus dilakukan orang, keberanian, komitmen, tekad mereka untuk berdiri dan mengumumkan apa yang mereka yakini tidak peduli apa konsekuensinya. King dan koleganya benar-benar memperjuangkan hak memilih. Mereka tidak takut mati mencari ketidakpuasaan tersebut, hanya ada dalam benak mereka adalah puas ketika nama mereka ada terdaftar dalam hak memilih, yakni mereka juga layak memilih saat segala pemilihannya tiba.

Positif dari film ini adalah akting yang luar biasa, para aktor dan aktris memainkan peran mereka dengan sangat baik sehingga Anda langsung tertarik ke film dari offset/perlawanan.

Kalau sisi buruknya adalah dalam kehidupan nyata Martin Luther King dan Lyndon B Johnson saling menghormati satu sama lain namun dalam film mereka tidak menggambarkan hal ini dengan cara yang sama namun ini mungkin dilakukan untuk efek dramatis.

Jangan ragu untuk menghubungi saya di sini atau melalui twitter dan facebook saya untuk memberi pendapat Anda di film ini atau menyarankan film yang harus saya tonton selanjutnya.

Penampilan Pria Favorit: Martin Luther King - David Oyelowo
Penampilan Wanita Favorit: Coretta Scott King - Carmen Ejogo

0 comments:

Post a Comment