Jun 29, 2017

Selamat HUT Pak Ahok; Seharusnya Jakarta yang Beri Ahok Kado

Seharusnya ko (Jakartarian yang beri Ahok kado)
Ahok HBD's cake/http://lampung.tribunnews.com


Kemarin, 0-H (exact day by Ahok’s birthday) 29 Juni 2017, mantan gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama atau lebih akrab dipanggil Ahok berulang tahun yang ke-51.  Perayaan hari ulang tahunnya yang silam tidak sama dengan tahun ini, beliau merayakan hari jadinya di dalam 'markas brimob'. Pasti suasananya berbeda. Pasti rasanya tidak sama seperti ulang tahun beliau yang sebelumnya. Let’s say, ulang tahun kali ini Ahok jauh lebih indah. Walau fisiknya tertahan di markas brimob, tapi bunga, surat, ucapan, kue ulang tahun serta barang-barang lain menjadi kado manis baginya di dalam suasana disana. Masa tahanan 2 tahun kedepan, tidak perluh diberatkan bagi beliau, justru dukungan bagi beliau jauh lebih deras ketimbang saat dirinya masih menjabat sebagai gubernur DKI, apa lagi kalau orang-orang hebat yang hatinya tercurah dan memperjuangkan demi kehidupan masyarakat yang tentram, umat Tuhan selalu mendoakannya. Hasilnya, ada dua pilihan yang bisa beliau pantas untuk mendapatkan hasil nanti setelah Ahok keluar dari penjara yakni: jabatan (Presiden) atau hadiah (Nobel Prize). Kalau tidak jadi Presiden sebab ada kutipan dari pemimpin sekaligus presiden pertama Afrika Selatan, Nelson Mandela sekali katakana, “In my country we go to prison first and then become President. Nelson Mandela” …… who knows?

Pace mace, kawan-kawan, mba-mas-mas, sadarkah kalian berapa banyak nilai karakter good politic yang benar sudah beliau mengajar kepada kita (all indonesians) pada umumya. Sadarkah kalian segenap  mba-mba dan mas-mas DKI (ibu kota Indonesia) kado yang Ahok beri untuk kamu warga Jakarta? Bukankah Ahok yang berulang tahun? Mengapa beliau yang memberi kado? untuk siapa? Mungkin sebagian besar dari kalian tidak sadar bahwa beliau sudah memberikan gift terindah di kota kita DKI (Indonesia pu ibu kota) selama masa kepemimpinannya. Walau bukan dari pundi-pundinya sendiri, namun semua kado ini adalah hasil pemikirannya (hasil karyanya). Let’s look at satu-per satu kado dari Ahok untuk DKI, seperti observer dari kami orang timut Indonesia.

(1). RPTRA Kalijodo. Tempat yang tadinya adalah 'pusat neraka' di Jakarta dirubah menjadi taman yang indah untuk bermain bagi warga Jakarta. Dulu kata orang atau biasa keluar setiap media-media, tempatnya meeting the worst things dan orang tua mana yang mengizinkan anaknya bermain di kawasan Kalijodo dan sekarang, orang tua mana yang melarang anaknya bermain di Kalijodo? RPTRA Kalijodo saat ini layak untuk bermain, ada area skateboard, jogging, atau untuk sekadar bersantai di sana.

(2). Berkurangnya titik banjiran. Lihat saja sebelum Bapak Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI 2012, kata 'banjir' seakan sudah menjadi kata wajar ketika musim hujan datang dan Jakarta seakan digebrak bahwa banjir harus dihilangkan atau setidaknya dikurangi. Dan ketika Pak Jokowi naik jadi Presiden, lalu Ahok menggantikan beliau, Ahok meneruskan tugas berat itu. Saat ini, sampai terakhir kali Pak Ahok duduk di kursi gubernur, titik banjir berkurang hingga hampir 80%-90%,  Tribunnews.com

(3). Berkurangnya kawasan kumuh. Penggusuran menjadi teman akrab bagi lawan politik Ahok. Semakin Ahok banyak menggusur, semakin senang lawan politik beliau. "Bersama saya tidak akan ada penggusuran.", kurang lebih begitulah kata lawan politik Ahok. Tapi, bagi yang mengerti arti pembangunan berkelanjutan, penggusuran ini seharusnya didukung penuh. Penggusuran tidak dilakukan dengan sembarangan. Sudah dipertimbangkan dan dipikirkan secara matang. Bangunan di bantaran sungai, di daerah jalur hijau, layak digusur, layak dibongkar, demi kepentingan kota Jakarta. Inilah kontroversi yang Ahok buat. Pembenci Ahok kebanyakan datang dari warga yang rumahnya dan tempat tinggalnya digusur. Padahal, Pemprov DKI yang dipimpin Ahok pun sudah sangat baik, menyediakan hunian pengganti yang jauh lebih layak daripada tinggal di pinggir sungai, yaitu rusun-rusun yang sudah dibangun. Kompas.com.  Tra puas ka?

Masih banyak gebrakan dan inovasi yang Ahok buat untuk kota Jakarta. Namun, diatas adalah beberapa hal yang cukup signifikan bagi kemajuan Jakarta hingga beliau terpaksa meletakkan jabatannya. Walau, fisiknya tertahan, namun beliau sudah mengukir sejarah indah dan memberi kado manis bagi warga Jakarta, terlepas dari para pencinta maupun pembenci Ahok. Di fitnah dan dihujat bagaimana pun, ukiran sejarah yang beliau buat tidak akan pernah pudar.


Pak Ahok ko tra kosong (luar biasa) khusus buat seantero sipil DKI Jakarta.  Pak untuk setiap kado yang ko beri untuk mereka. Ko yang ulang tahun, tapi ko sudah beri kado terindah untuk mereka dalam masa kepemimpinanmu di Jakarta. Ingat pak: “bahwa kegagalan adalah sebuah event, tidak dari orang”. Selamat ulang tahun, Pak BTP Ahok, Tuhan jaga selalu.

0 comments:

Post a Comment