Nov 11, 2016

Posisi Paling Baik untuk Makan "Duduk"

Foto: Ilustrasi: Obama eating

Nasehat yang diberikan orangtua kepada anak saat makan adalah harus duduk. Andapun sebagai orangtua pasti mengajarkan hal itu pada anak anda. Anda sendiri dulu juga dinasehati hal yang sama oleh orangtua anda. Begitu juga seterusnya. Nasehat ini bukan abal-abal. Karena secara kesehatan, hal ini sangat baik.

Penelitian yang dilakukan University of Surrey, Inggris melakukan penelitian tentang perilaku makan ini. Peneliti membagi partisipan dalam tiga kelompok. Kelompok satu diminta makan sambil duduk dan berbincang, kelompok dua diminta makan sambil duduk dan menonton TV dan kelompok tiga diminta makan sembari berjalan.

Setiap anggota kelompok diminta untuk mengkonsumsi beberapa makanan dan mengisi kuesioner. Para peneliti kemudian mengukur berapa banyak makanan yang diambil setiap anggota kelompok. Hasilnya kelompok yang makan sambil berjalan makan dengan jumlah lima kali lebih banyak dibanding anggota kelompok lain.


Peneliti membuktikan bahwa saat berjalan, orang cenderung untuk tidak fokus pada apa yang mereka makan. Ini mengakibatkan kita tidak sadar berapa jumlah makanan yang sudah diasup. Karena itu, tubuh akan selalu merasa lapar karena otak selalu mengirim sinyal lapar ke perut. Oleh karena itu, makan dengan posisi duduk adalah yang terbaik dilakukan. [Foxnews]

0 comments:

Post a Comment