Jun 27, 2016

Mengubah Kebencian menjadi Cinta

Ist: Quote of  Mandela Nelson

"kita tidak boleh 'tuk membunuh satu sama lain" (Nelson Mandela)

Anda dan saya diciptakaan oleh Tuhan Allah, bukan?
```````````````````````````````````````````````````````````````````````````

Demokrasi di Jalan Simpang: Mandela, Santo yang Pernah Hidup.

Mengapa demokrasi tidak jarang harus lahir lewat laras senjata, lewat jalan pedang, lewat jalan penjara, lewat teror, cara-cara tidak jujur, manipulasi, lewat konflik yang berkepanjangan?

Mandela telah menjadi sumber energi yang mengubah kebencian menjadi cinta, permusuhan menjadi persahabatan, balas dendam menjadi pengampunan. Ia membalas pandangan mata yang penuh kesinisan dengan senyuman yang memberikan rasa nyaman dan teduh. Ia membalas tolakan dengan rengkuhan dan rangkulan penuh damai. Ia yang semula terbuang telah menjadi batu sendi kekuatan bangunan Afrika Selatan yang baru.


Sulit dipercaya bahwa 27 tahun (1964-1990) di penjara pemerintahan kulit putih yang rasial tidak membuatnya menjadi manusia pendendam. Penjara mengubahnya menjadi manusia baru, manusia pemaaf. Ia seorang pejuang dalam arti yang sesungguhnya: Seorang pejuang bisa berganti perisai, tetapi bukan hatinya. Hatinya adalah pemaaf dan bukan pendendam. Padahal, ibarat kata, ia sudah dihancurkan dengan berbagai siksaan, baik jasmaniah maupun rohaniah, seperti telur yang belum menetas.


@Auburn, WA

2 comments: