May 30, 2016

Alasan Air Laut Terasa Asin

Foto: Oceansevice.noaa

Pernahkah Anda secara tak sengaja menelan air laut saat berenang di pantai? Air tersebut terasa sangat asin, dan lantas apa yang menyebabkan air di laut bisa menjadi asin dibanding jenis air lainnya?

Pasti to sudah kesana, mugkin dalam acara, rekreasi, dan atau berpacaran.

menjawab alasan air laut terasa asin:

Beberapa tahun yang silam, saya mengajak teman-teman datang dirumah saya untuk diskusi tentang alasan, mengapa dan kenapa air laut terasa asin.

Dalam diskusi berlangsung ada yang bilang air terasa asin karena nelayan kerap kali mengebom ikan di laut. Ada juga yang bilang bisa terjadi karena kotoran/sampah-sampah yang selalu bawah ke air laut maka dari situ bisa menimbulkan air terasa asin. Ada juga yang bilang air terasa asin karena ketika air hujan turun secara bersamaan mengeluarkan geta/zat cair dari dalam pohon-pohonan berhidrasi air laut menyebabkan air terasa asin.

Pendapat masing-masing dari teman-teman diatas ini, tidak jauh berbeda dengan alasan yang air laut terasa asin yang dilansir dari Oceanservice.noaa, bahwa rasa asin pada air laut berasal dari batu di daratan. Hujan yang turun di daratan mengandung beberapa larutan karbon dioksida dari udara.

Ini menyebabkan air hujan menjadi sedikit asam karena asam karbonat yang terbentuk dari karbon dioksida dan air. Karena hujan mengikis batu, asam dalam air hujan dapat memecah batu.

Proses ini menciptakan ion, atau partikel atom bermuatan listrik. Ion-ion ini terbawa dalam aliran ke sungai dan pada akhirnya ke laut.

Banyak ion terlarut yang digunakan oleh organisme di laut dan dihilangkan dari air. Sisanya tidak digunakan dan tertinggal untuk jangka waktu yang lama, di mana konsentrasi mereka meningkat dari waktu ke waktu.

Dua dari ion yang paling lazim di air laut ialah klorida dan natrium. Keduanya membuat lebih dari 90 persen semua larutan ion di laut. Sehingga, sodium dan klorida yang asin membuat air laut terasa asin.


Makidi.

0 comments:

Post a Comment